Salam kompasiana, tulisan di bawah ini saya terjemahkan dari web luar negeri. Intinya adalah, seorang pemain amatir kini dapat mengukur perfoma dirinya layaknya pemain profesional di klub-klub besar Eropa. Adidas mengembangan sebuah sepatu yang dapat menyediakan informasi digital bagi pemakainya “hanya” dengan merogoh kocek kurang dari Rp 4 juta. Well, ini bagus nih untuk para pemain bola🙂

Messi dan sepatu pintar F5 Adidas

CULES BARCA – Lionel Messi akan menjadi pelopor sebuah revolusi sepakbola yang akan diawali dari diciptakannya sepatu yang punya “otak”.

Sportsmail mengungkapkan megabintang Barcelona itu telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk proyek pengembangan “sepatu pintar” yang dibuat oleh Adidas.

Sepatu ini bisa menyediakan data yang sangat detail dari pergerakan seorang pemain berkat jasa sebuah chip “miCoach Speed Cell” yang dipasangkan di bagian bawah sepatu. “Otak” sepatu ini nantinya bisa merangkum pergerakan pemain hingga 360 derajat dan mengukur kecepatan dan jarak tempuh pemain.

Pemain-pemain Liga Inggris macam Luis Suarez, David Silva, Samir Nasri, Ashley Young, Emmanuel Adebayor, Stewart Downing dan Gareth Bale, juga terlibat dalam proyek ini. Mereka mengikuti sesi latihan menggunakan sepatu pintar ini dalam beberapa minggu terakhir sebelum nanti akan menggunakannya dalam pertandingan di lapangan bulan depan. Klub dari Bundesliga FC Nuremburg tak ketinggalan ikut dalam pengembangan sepatu ini.

Sepatu pintar ini akan dijual seharga sekitar Rp 3,5 juta

Sepatu akan merangkum semua data pergerakan di antaranya: kecepatan, kecepatan rata-rata, kecepatan maksimal, sprint, jarak, dan lain-lain. Semua data itu ditransmisikan ke komputer secara nirkabel.

Beberapa klub besar selama ini bergantung pada Pro Zone analysis untuk mengukur pergerakan pemain menggunakan sistem video. Delapan kamera disebar di sudut-sudut lapangan untuk menangkap 10 informasi digital tiap satu detik.

Tetapi sayangnya, layanan ini sangatlah mahal dan hanya mampu dibeli oleh klub-klub profesional  yang punya kondisi finansial bagus. Sepatu Adidas f50 ini mengklaim menawarkan teknologi serupa dengan harga yang terjangkau, bahkan oleh pemain amatir sekalipun.

Dengan harga 245 pounsterling (sekitar Rp 3,5 juta), termasuk chip, sepatu ini dapat membuat setiap pemain dapat membandingkan “data” dirinya dengan pemain bintang macam Messi. Ini suatu hal yang tak dapat dilakukan sebelumnya. Kalaupun bisa, biayanya sangatlah mahal.

Data miCoach nantinya dapat diupload melalui internet dengan palatform yang sudah disediakan oleh Adidas. Menariknya, si pemain bisa mendapatkan masukan-masukan untuk meningkatkan performanya berdasarkan data itu.

“Kami telah mengembangkan sebuah sepatu yang punya “otak”. Apa yang kami buat ini akan merevolusi industri sepakbola,” kata Wakil Presiden Sepatu Bola Adidas Markus Baumann.

“Sepatu ini unik karena tiap pemain dapat membandingkan dirinya dengan pemain-pemain terbaik dunia,” tambahnya.

Pada saat peluncuran, Adidas juga akan merilis aplikasi teknologi gratis yang memungkinkan pengguna melihat kemampuan pemain dalam bentuk video. (culesbarca.com)

Anda penggemar bola, khususnya FC Barcelona?  Silakan kunjungi blog saya  di www.culesbarca.com