syarat bila ingin membaca cerpen ini adalah :  – jangan coba coba merem, – pertahankan mata Melek agar tidak bingung🙂 – tersenyumlah seperti gambar diatas .

dan yang terpenting ingat cerita ini hanya karya tulis kaka iyan bukan kisah nyata bila ada yang merasa sama dengan kejadian dalam hidup anda mungkin anda orang yang kesekian kali merasa seperti itu. dan itu hanya perasaan anda saja. hehehehehe

selamat membaca……..

Disini jecko ( saya ) berasal dari kupang , Indonesia bagian timur, jadi gak pake kata gua lagi, disini gua adalah beta, lu harus ngerti dengan bahasa beta nanti ok ok….

Beta baru saja tamat dari bangku SMA, beta sangat mencintai tanah kelahiran beta, tapi beta ingin mencari ilmu di tanah orang yaitu beta pergi kuliah di jogja yang awalnya karena teman teman beta banyak yang merintis –pendidikan disana, selain itu beta sangat suka dengan keadaan kehidupan di Jogja walaupun beta hanya mendengar lewat cerita kawan saja atau lewat televisi.

Keputusan beta sudah bulat dan kedua orang tua beta juga setuju dengan apa yang beta mau, betapun membeli ticket pesawat, memang merasa sedikit sedih karena beta harus meninggalkan kampung halaman , tapi ini untuk kehidupan dan masa depan beta nanti.  Setelah beberapa hari beta menunggu akhirnya tanggal penerbangan betapun tiba, beta bersama dengan keluarga beta menuju ke bandara Eltari kupang, dengan iringan satu keluarga besar untuk melepas beta pergi, sepaerti raja sehari beta dibuat mereka.

Sesampai di jogja beta merasa luar biasa sekali, karena meihat perubahan yang drastis dengan kampung halaman beta, tp dalam hati kampung halaman beta yang terbaik, dan suatu hari nanti beta akan kembali untuk ikut membangun kota dimana beta dilahirkan.

Setiba di jogja beta dijemput teman2 yang sudah duluan datang di jogja, mereka seakan melihat teman serupa, senasib dan seperjuangan datang, beta di peluk erat seakan cerita kekasih yang lama terpisah, hahaha betapun merasa lucu dengan mereka semua. Beta tau apa yang ada dikepala mereka, paling sampai kos2an sedikit cerita beta harus keluarkan uang untuk beli minuman keras agar mereka bisa mabuk miras bersama, seperti itulah kebiasaan beta dikupang dengan teman2 tapi bagaimanapun beta selalu liat sisi positifnya, kita disini jauh dari kampung halaman , yang terpenting adalah kebersamaan.

Di sini bukan saja anak-anak yang datang kuliah tapi banyak juga yang bekerja, bermacam macam pokoknya, seperti dalam satu kompleks kos , beta serasa bukan tinggal di jogja bagaimana karena dari ujung pintu masuk kos sampai ujung pintu keluar semua adalah anak anak yang asalnya dari timor juga, beta merasa seperti di kampung sendiri.

Berapa hari berlalu betapun pergi ke salah satu perguruan tinggi disana, beta masih bingung dengan keramaian pagi di sini, bunyi klekson dan teriakan konjak ( kenek ) menghiasi langkah kaki beta, akhirnya beta sampai juga ke kampus yang dimana dekat sekali dengan kos beta hanya berjarak 500 meter. Betapun mencari tempat pendaftaran

Disana ada seorang berpostur tinggi , hitam dan juga kumis tebal, duduk di dekat meja yang tertera tulisan pendaftaran, beta kaget dan ragu, apakah beta tidak salah masuk tempat, beta mau daftar kuliah atau daftar mau pergi perang hehe, beta pun mendekat dengan orang itu beta sapa dan bertanya dengan sopan, “ selamat pagi pak “ saya mau mendaftar pak,…lu tau apa, dia jawab iyo kau dari mana , dari timor juga ko? Beta langsung kaget karena apa, karena dari jauh tadi beta sudah berpikir bahwa orang ini sama dari timor juga, astaga di jogja begitu banyak orang timor yang ada disini, dan orang ini adalah dosen disini.

Beta sedikit bingung dengan pengambilan jurusan , beta mulai sedikit merenung, dan beta pikir, dulu mata pelajaran yang paling beta tidak suka dan selalu mendapatkan nilai kecil adalah Bahasa inggris, oleh karena itu sekarang beta akan ambil jurusan bahasa inggris, pasti lu bingung kan.  Karena beta punya prinsip “ sesuatu yang kita tidak sukai dan kita benci ternyata itulah kesuksesan kita’””( dalam hal yang positif ) beta memang tidak tau sama sekali berbahasa inggris tapi beta mau tau dan mau bisa untuk berbicara bahasa inggris dan betapun dengan tulus hati mengisi pilihan jurusan beta adalah bahasa sastra jepang………..eh salah sastra inggris. ( sedikit coretan tidak apa2 )

Waktu berjalan dan aktifitas kuliah beta pun juga berjalan dengan lancar, sampai suatu ketika saat beta  semester 7, disitulah saat beta harus mendapatkan kewajiban dari kampus yaitu magang atau praktek kerja lapangan , yang menjadi suatu keajaiban bagi beta,

waktu itu beta dan teman2 satu kelas sastra inggris di kirim ke bali untuk melaksanakan kewajiban ini, beta dan teman2 begitu senang, dan bagi beta ini adalah kesempatan untuk bertemu bule disana dan bisa langsung untuk berkomunikasi.

setibanya di bali beta dengan rombongan mencari penginapan, di jalan popis 1 kami menemukan home stay yang lumayan bersih dan harganyapun sangat terjangkau, tapi hanya untuk beberapa hari saja, beta dan kawan2 akan mencari kos-kosan yang mungkin lebih efisien dan efektif soalnya kami akan tinggal sementara dibali selama 3 bulan untuk melaksanakan tugas praktek dari kampus kami’

beta begitu takjub dengan keindahan pantai kuta, memang benar kata orang bahwa bali adalah tempat yang paling bagus, aman damai dan yang paling penting buat beta adalah melihat bule berjemur dipantai, hehehhe suatu hal yang paling beta idamkan.
beta bersama temanpun mulai mencoba kemampuan bahasa inggris kami, dengan bermain dipantai, awalnya beta cuma mendengar, dengan cara nongkrong didekat bule-bule yang sedang menikmati sinar matahari.
satu hal yang luar biasa lagi, dipantai kuta ini orang lokal sangat pintar dalam berkomunikasi dengan orang asing, jadi beta mendapatkan suatu bukti nyata bahwa bahasa inggris itu tidak akan bisa jika hanya belajar dan belajar saja tanpa di sertai dengan praktek atau berbicara, seperti dikuta ini, kebanyakan anak-anak pantai disini tidak ada namanya kursus, bagi mereka pantai adalah sekolah dan memiliki mental yang bagus menjadi kemampuan mereka dalam berkomunikasi. walaupun secara pengucapan dan penyusunan kata-kata atau gramer yang kurang baik seperti halnya lulusan sekolah bahasa inggris tetapi mereka sangat enjoy dan lawan bicara mereka mengerti apa yang mereka ucapkan.
di bali pada saat itu lagi musim panas, sangat sangat sangat panas apalagi di daerah pantai ini, betapun merasa kerongkongan beta memerlukan asupan air jika tidak beta akan dehidrasi, untungnya di pantai kuta ini ada juga yang menjual minuman dingin. betapun kesana membeli minuman dingin,

selama beta kuliah, bahasa inggris beta sangat bagus sesuai dengan penilaian dosen ke beta, tapi satu hal yang beta belum dapat adalah kepercayaan diri untuk memulai pembicaraan dalam bahasa ingris padahal disamping beta sekarang ada dua orang bule yang sedang menikmati minuman segar sama seperti beta.
iya, dua orang cewek bule yang sangat cantik seperti mainan boneka barbie adik nona beta dikupang.
tiba-tiba saja beta mendengar suara yang menyapa beta, “hiii’ mendengar suara sapaan yang datangnya dari samping beta, membuat beta mengambil waktu 10 detik untuk menarik semua kekuatan alam dibali  agar mental beta menjadi kuat untuk membalikan wajah beta dan balas menyapa. disaat itu beta pun melihat dan tersenyum, bule itupun mulai menunjukan ekspresi wajah yang seakan tidak hanya sekedar hai saja namun seperti akan terjadi obrolan yang panjang antara beta dan dua orang harim bule ini. hmmm ini saatnya beta belajar, dalam hati beta,

waktu berjalan dengan cepat, betapun banyak berbicara dengan kedua harim bule itu, dan untungnya mereka sangat nyaman dengan bahasa inggris beta..

Jean dan maria ya itu nama mereka berdua, mereka adalah sepasang saudara yang berlibur dibali, asal mereka dari amerika latin tepatnya brazil, mereka kini menjadi teman beta, beta berbagi nomer hp dan merekapun minta beta untuk datang ke hotel dimana mereka tinggal, karena mereka merasa senang bisa berkenalan dengan beta dan sebagai tanda persahabatan merekapun mengajak beta dinner.
hotel tempat mereka tinggalpun tidak jauh dari tempat beta menginap di jalan popis tetapi sangat jauh bila diukur dengan level atau kelas hotelnya.:)

setelah banyak bercerita dengan teman bule beta yang baru, betapun bergegas pulang ke panginapan, disana teman-teman betapun sudah ada di penginapan, kitapun sharing dengan kejadian hari ini, karena tadi kita berpencar dipantai kuta maka pengalaman hari inipun berbeda-beda, satu satu mulai bercerita.

malampun tiba, betapun hampir lupa dengan janji beta tadi siang , bahwa malam ini ada janji dinner dengan teman baru beta. betapun bergegas mandi, dan bersiap siap untuk pergi.

betapun masih mencari alamat yang dikasi tau ke beta semoga alamat ini tidak senasib dengan alamat yang ada di lagu ayu ting ting ,  di salah satu hotel berbintang 3 di daerah popis, dari pada beta bingung mencari, mendingan beta tanya kepada orang-orang sekitar sini. setelah beta tanya, wah ternyata hotel itu benar-benar dekat, dengan sekali menunjukan arah lurus kedepan beta sudah melihat papan nama hotel yang beta cari, beta pun bergegas menuju Hotel itu.

sesampainya dihotel beta bertemu dengan receptionistnya, beta meminta tolong di informasikan kepada teman beta itu bahwa beta sudah menunggu dibawa. receptionpun menelfon setelah mananyakan nama tamunya.

beberapa menit kemudian seorang cewek bule berjalan menuju beta, dialah jean, tapi kok hanya sendiri, mana kakaknya maria,.betapun langsung menyapa dan cipika cipika sedikit…hehehhe

beta bertanya dimana kakaknya, katanya kakaknya masih keluar dengan teman kencannya, trus betapun hanya menganguk anggukan kepala beta seperti DJ yang mengolah musik.

betapun diajak jean mencari tempat dinner di luar , didekat hotel,.kamipun berbicara banyak dan jean bertanya asal beta dan semua tentang beta, setelah dia tau beta adalah mahasiswa dari jogja yang malaksanakan praktek dibali, diapun tiba-tiba terlihat sangat senang, beta pun bertanya kenapa, eh ternyata karena jean ini punya rencana setelah dari bali dia akan berlibur ke jogja, hahahaha betapun mulai akrab dengan jean.
setelah dinner betapun, mengantar jean pulang, dan dia sangat berterima kasih atas malam ini, karena sudah menemani dinner dan harapan dia besok kita bisa jalan bersama lagi dan wahhh harapan jean tidak jauh berbeda dengan harapan beta.

to be continue
kaka iyan “indonesiakugarudaku”