Bukan hal yang baru untuk kata brotherhood dan organisasi..

Dua hal yg contra dalam suatu club yg berstruktur khususnya club atau komunitas bikers.

Kenapa dua kata tersebut dikatakan contra atau berlawanan ? Mari kita sama sama bahas..

1.Organisasi, pengertian simplenya adalah sekelompok orang yg berkomitment untuk mencapai suatu tujuan yang sama kalau dalam organisasi biker adalah menciptkan suatu sistem yang tertata dan memiliki struktur yang jelas agar menjaga club tetap bertahan lama dengan membatasi segala ruang dengan aturan aturan yang mengikat..dan terpenting adalah menciptakan kenyamanan dalam suatu kelompok.

2.Persaudaraan atau brotherhood, kata yang menjadi motto terbesar buat semua bikers di seluruh dunia, bukan saudara tapi mengangap dia adalah saudara, sistem kekeluargaan yang terlihat dalam mengalir deras dalam satu kata persaudaraan ini. Kerjasama, saling tolong menolong, peduli satu dengan yang lain, semua komplit layak saudara..

Dari arti simple kedua kata diatas, dalam organisasi adanya aturan aturan yang di buat dengan komitmen bersama, untuk mnjaga kenyamanan anggotanya, dan ada sanksi dan penghargaan di dalamnya..

Berbuat salah atau melenceng dari aturan organisasi pasti akan ada sangsi bahkan sampai dikeluarkan dari organisasi..sedangkan dalam persaudaraan tidak mengenal sangsi, suka duka kita selalu bersama, apapun dia, dia tetap saudara kita..akan dimaafkan. 

Terlihat suatu perselisihan antara organisasi dan persaudaraan. Persaudaraan bisa berkata maaf tapi tidak dalam sistem organisasi, setiap yg melanggar harus dikenakan sanksi. 

Dalam suatu club bikers, kedua sistem diatas sangat penting, tapi akan sulit dijalankan, karena kembali lagi kepada pelaku pelaku organisasi dan jiwa persaudaraannya, bentuk komitmen diawal akan organisasi dan pentingnya segala aturan yang dibuat, karena dalam organisasi memiliki anggota yang memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda beda, akan ada perselisihan dalam kelompok dan dengan aturan yang di buat semua akan terkontrol dengan baik. 

Jika kita komitmen menjalin persaudaraan dalam suatu organisasi, tetap hargai aturan yg dibuat bersama, karena pastinya organisasi yang kita jalankan akan memberikan suatu arti persaudaraan yang nyata bukan hanya slogan tapi terbentuk pada setiap jiwa para anggota organisasi.

Salam persaudaraan..